Apa itu Linux-Sistem Operasi Linux

Apa itu Linux-Sistem Operasi Linux Para penguna komputer di Indonesia pada saat ini kebanyakan memakai system operasi buatan Microsoft yaitu Microsoft windows , hal ini sangat wajar terjadi karena system operasi windows lebih awal hadir ketimbang system operasi linux. Jika anda sudah akrab dengan komputer atau sudah lama menjadi pengguna komputer, pastilah anda tidak asing lagi bahwa system operasi windows bukanlah system operasi yang dapat bebas di sebar luaskan, anda harus mengeluarkan biaya licensi untuk menginstalnya secara legal dikomputer anda. Namun jika anda tidak menggunakan biaya license maka dapat di pastikan system operasi windows anda adalah illegal atau bajakan.

Untuk lebih jelasnya tentang pengertian system operasi linux adalah system operasi yang open source yang merupakan system operasi yang sangat bebas di sebarluaskan dengan license dibawah GNU. Maka system operasi linux ini dapat anda install pada komputer anda atau bebas untuk di kopi disebar luaskan tanpa biaya sepeserpun. Yang perlu anda ketahui linux merupakan turunan dari UNIX yang dapat beroperasi pada berbagai macam perangkat keras komputer mulai dari inter x86sampai dengan RISC dengan license di bawah GNU(gnu not unix) anda bisa mendapatkan program lengkap dengan kode sumbernya(source code). Selain itu anda dapat mengkopi sebanyak-banyaknya dan bahkan anda dapat mengubah kode sumbernya dan semuanya legal dibawah license. Walaupun gratis, pihak licensi gnu memperbolehkan anda menarik biaya untuk menggandakan atau pengiriman program operasi linux.

Kebebasan dalam memperoleh dan mengubah kode sumber  system operasi linux ini sangat penting bagi para programmer dan administrator jaringan dan dapat berimbas pada 2 hal penting yaitu keamanan dan dinamika.

Baca Juga : Macam - Macam Komponen Dalam Komputer Beserta Kegunaannya

Intinya jika perangkat lunak komersial yang anda gunakan saat ini tidak boleh mengetahui kode sumbernya, maka anda tidak akan pernah tahu software yang anda beli dan gunakan itu aman apa tidak yang di sebut dengan istilah security obscurity. Dengan linux anda dapat mengetahui dan dapat meneliti kode sumbernya langsung bersama para pengguna system operasi linux lainnya.

Apa itu Linux-Sistem Operasi Linux


Sistem Operasi Linux

Seiring waktu berjalan komunitas para pengguna linux pun sangat banyak dan sangat terbuka. Perkembangan ini akan membuat bug mudah di ketahui dan dengan cepat pula para programmer dapat  memperbaiki programnya. Anda juga dapat menentukan kode yang cocok dengan perangkat keras komputer anda maupun kebutuhan dasar  perangkat lunak lainnya untuk di implementasikan. Ibaratnya seperti motor , anda dapat mengubah dan memodifikasinya , bahkan mengganti mesinnya sekalipun, untuk memperoleh bentuk dan tampilan yang di inginkan.

Dengan keterbukaan kode sumber linux ini,  memungkinkan  system operasi ini akan berkembang dengan sangat pesat. Namun jika sebuah program dengan  system operasi yang bersifat tertutup  dan hanya vendor yang mengembangkannya, paling banyak seribu sampai lima ribu orang. Sedangkan linux sendiri adalah program yang open dan terbuka yang mana di kembangkan oleh orang seluruh dunia. Dan bug akan sangat mudah di lacak dan program penanbalnya pun akan mudah dapat pula.

Program Linux sekarang sudah sangat berkembang dan menjadi banyak distro (distribusi linux). Contohnya distro Debian, redhat atau suse, dan sekarang ini distro linux yang sangat popular dan berkembang sangat pesat di Indonesia adalah distro linux ubuntu yang merupakan turunan dari debian. Berikut adalah tampilan dari system operasi linux ubuntu.

sytem operasi linux ubuntu

Mungkin sampai disini penjelasan tentang linux(system operasi linux) semoga dapat dipahami dan bermanfaat untuk kita. Terima kasih.

Baca Juga : Macam Macam Sistem Operasi Pada Komputer