Khasiat dan Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan Tubuh

Siapa yang tidak mengenal dengan bumbu rempah yang satu ini, ya lengkuas merupakan salah satu bumbu rempah yang banyak sekali digunakan oleh masyarakat Indonesia terutama ibu rumah tangga sebagai bumbu pelengkap olahan makanan baik itu olahan ikan, sayuran atau bahkan olahan daging, baunya yang harum serta mengandung banyak lemak nabati menjadi satu alasan mengapa bumbu lengkuas ini menjadi bumbu wajib saat mengolah makanan. Tahukah anda bahwa lengkuas merupakan salah satu jenis tanaman cabut yang masuk dalam ordo genius alpina, sedangkan asal muasal tanaman lengkuas ini konon berasal dari Thailand dan tanaman ini kemudian menyebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia.

Secara umum ada banyak sekali manfaat dan khasiat yang terkandung di dalam lengkuas ini, tidak hanya untuk dijadikan bumbu makanan namun juga lengkuas banyak digunakan oleh para ahli kesehatan sebagai ramuan untuk mengobati berbagai penyakit seperti diare, demam, kanker prostat dan masih banyak penyakit lainnya, hal ini dikarenakan lengkuas banyak mengandung mineral seperti serat, sodium, zat besi, vitamin A, vitamin C, flavonoid dan fitonutrien yang dapat secara aktif memberikan kekebalan tubuh kita dari berbagai penyakit, nah untuk mengetahui lebih lanjut mengenai khasiat dan manfaat lengkuas bagi kesehatan tubuh, silahkan anda simak baik-baik uraian saya di bawah ini.

Khasiat dan Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Lengkuas Mampu Menurunkan Deman
Mungkin tidak banyak orang yang tahu bahwa ternyata lengkuas sangat bermanfaat dalam mengatasi demam di dalam tubuh, hal ini dikarenakan Lengkuas banyak mengandung analgesik dan antipiretik yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan suhu panas seperti demam, serta dapat mengurangi infeksi akibat bakteri dan jamur, nah oleh sebab itu jika anda atau anak anda mengalami demam maka anda dapat menggunakan lengkuas sebagai ramuan untuk menurunkan demam.

Manfaat Lengkuas Mampu Mengurangi gangguan pernafasan
Berbagai study dan riset yang dilakukan oleh para ahli kesehatan di Universitan Brooklyn, Amerika serikat menyatakan bahwa ternyata lengkuas mampu mengurangi gangguan pernapasan seperti penyakit bronkitis kronis dan juga batuk berdahak, lebih dari itu lengkuas ini juga dapat menjaga kesehatan mulut, mengusir bau mulut dan juga mampu mengobati sariawan.

Manfaat Lengkuas Mengurangi resiko kanker
Selain mampu mengatasi demam dan juga sariawan, salah satu manfaat lengkuas yang baru-baru ini diketahui ialah lengkuas ternyata sangat ampuh dalam mengatasi penyakit kanker prostat dan juga kanker mulut, hal ini telah dibuktikan oleh para ahli kesehatan dunia, mereka menyatakan di dalam lengkuas banyak mengandung flavonoid galangin. Galangin yang terdapat di dalam lengkuas terbukti memiliki anti-oksidatif untuk menangkal radikal dan menghambat laju pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh.

Manfaat Lengkuas Mencegah penuaan dini dan Meremajakan kulit
Manfaat lengkuas yang terkahir dapat diterapkan untuk berbagai pengobatan penyakit kulit. hal ini dkarenakan Kandungan lengkuas terdiri dari 40 manfaat antioksidan yang membantu melindungi kulit terhadap penuaan dini. lebih dari itu  Kandungan antioksidan yang terdapat didalam lengkuas juga mampu menghilangkan racun-racun dari tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah. kandungan ini juga dapat menyebabkan pelepasan nutrisi ekstra untuk jaringan epidermis pada kulit, sehingga mampu mencegah radikal bebas yang merusak kulit, serta menjaga keremajaan kulit wajah kita. Nah oleh sebab itu jika anda ingin memiliki kulit mulus dan terhindar dari penuaan dini maka lengkuas bisa anda jadikan ramuan untuk meremajakan kulit, semoga bermanfaat.