Cara Menghidupkan Komputer Dengan Mudah Tanpa Ribet

Cara Menghidupkan Komputer Dengan Mudah Tanpa Ribet

Informasi Internet - Komputer merupakan salah satu perangkat yang sekarang ini sangat mendominasi kegiatan kita sehari-hari. Hal tersebut karena komputer memang merupakan sebuah perangkat yang memiliki fungsi yang sangat banyak atau bisa dibilang multi fungsi. Bagi sebagian besar masyarakat kita tentu sudah tidak asing dengan perangkat ini dan tentunya sudah sering mengoperasikannya sehari-hari. Namun bagi anda yang belum terlalu familiar dengan perangkat komputer ini dan belum mengetahui cara menghidupkan komputer. Maka anda bisa simak artikel berikut ini.

Cek Seluruh Kabel
Cara untuk menghidupkan komputer yang pertama anda harus mengecek seluruh kabel yang tersambung pada komputer tersebut. Seperti misalnya kabel power, kabel stop kontak hingga ke kabel keyboard dan juga kabel mouse. Yang harus anda perhatikan dengan benar adalah kabel dari CPU ke Stavolt. Stavolt ini adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menstabilkan aliran listrik dari listrik rumah ke komputer anda. Setelah semua anda cek dan telah tertancap dengan benar maka langkah selanjutnya yaitu anda bisa langsung tekan saja tombol on/off pada Stavolt tersebut.

Pencet Tombol CPU
Setelah anda memencet tombol on/off Stavolt maka cara menghidupkan komputer yang selanjutnya anda bisa cek apakah lampu indikator pada Stavolt sudah menyala atau belum. Biasanya lampu pada Stavolt ini berwarna merah. Setelah lampu Stavolt menyala itu artinya aliran listrik telah siap untuk mengaliri perangkat komputer anda. Sehingga langkah selanjutnya yaitu anda hanya tinggal memencet tombol power pada CPU anda. Tombol power ini biasanya terletak di bagian deoan CPU.

Baca Juga : Macam - Macam Komponen Dalam Komputer Beserta Kegunaannya

Pencet Tombol Monitor
Berbeda dengan perangkat laptop yang tombol powernya semua menjadi satu, perangkat komputer ini memiliki beberapa tombol power yang harus anda pencet. Setelah tadi anda memencet tombol power CPU maka cara menyalakan komputer selanjutnya anda bisa memencet tombol monitor. Jika memang kabel monitor sudah tertancap dengan baik pada stop kontak dan pada CPU maka otomatis saat anda memencetnya lampu indikator pada monitor ini akan menyala. Lampu indikator pada monitor jika sudah menyala biasanya berwarna hijau.

Tunggu Komputer Loading
cara menghidupkan komputer yang selanjutnya yaitu anda hanya tinggal menunggu komputer untuk loading. Dalam kondisi semacam ini komputer tengah memeriksa seluruh perangkat yang terdapat di dalam CPU. Jika terdapat suatu hal yang bermasalah maka anda akan memasuki pengaturan BIOS atau BIOS Setting. Namun jika tidak ada kesalahan apapun pada komputer anda maka loading komputer akan terus melaju hingga ke desktop layar. Di desktop inilah anda bisa memilih program atau aplikasi apapun yang akan anda jalankan. Bagaimana? Sangat mudah bukan cara menghidupkan komputer ini?

Baca Juga : Cara Mengembalikan File Yang Terhapus / Hilang di Flashdisk