Macam - Macam dan Jenis Web Hosting

Apa itu web hosting?
Web hosting adalah sebuah layanan yang digunakan untuk menyimpan data sebuah website. Web hosting ini memungkinkan untuk dapat mengakses data dari website sendiri. Ini akan mempermudah jalan para pengguna komputer untuk dapat saling bertukar Informasi dan data. Para pengguna cukup menggunakan layanan internet untuk saling terhubung.

Macam - Macam dan Jenis Web Hosting

Jenis - Jenis dan Type Web Hosting
#1 Free Hosting
Free Hosting merupakan sebuah layanan website yang disediakan secara cuma - cuma alias gratis. Hanya diminta pendaftaran diri dengan mengisi di form yang telah di fasilitasi dan email Anda. Selanjutnya akan ada konfirmasi email Terkait Anda sudah menjadi anggota dan sudah memiliki akses pada web hosting tersebut. Pada Free Hosting ini biasanya akan memberikan batasan kapasitas dari layanan sehingga disarankan melakukan upgrade pada hosting premium.

#2 Shared Hosting
Shared Hosting ini merupakan sebuah layanan web hosting berbayar yang ditawarkan oleh penyedia jasa web hosting. Kelebihan dari web hosting jenis ini adalah harganya sangat murah. Rata - rata penyedia memberi dan memilih untuk pengguna paket hosting yang akan di sewa misalnya dengan kapasitas 10 mb, 25 mb, 50 mb, dan seterusnya.
Pada dasarnya penyedia layanan web hosting akan menyediakan sebuah server dan sumber daya yang digunakan seperti hardisk dan memori. Kemudan server tersebut akan dipakai bersama - sama oleh beberapa orang user bahkan puluhan. Kebanyakan layanan yang ada di Negara kita relatif murah. Akan tetapi jika Anda mempunyai website dengan pengunjung yang ramai dan banyak maka disarankan untuk menggunakan layanan website lain.

Baca Juga : Pengertian dan Macam-Macam Perangkat Keras Komputer

#3 Reseller Hosting
Reseller Hosting merupakan layanan yang diberikan oleh perusahaan web hosting kepada para membernya untuk dapat mengundang teman dan bergabung dengan web hosting mereka. Web hosting jenis ini biasa di sebut dengan makelar dari web hosting.
Perusahaan akan memberikan komisi kepada seorang yang dapat mengajak teman atau orang lain untuk bergabung dan mendaftar dilayanan web hosting perusahaan tersebut. Web hosting ini sangat cocok bagi orang yang menggeluti bisnis internet tetapi belum mempunyai modal untuk membentuk perusahaan layanan web hosting sendiri

#4 VPS (Virtual Private Server) Hosting
VPS sendiri merupakan sebuah layanan yang memunkinakn kita ntuk menyewa server utuh. Sehingga kita bisa mengelola sesuai dengan keinginan kita. Hosting jenis ini memiliki kelebihan yaitu dapat memiliki akses pada root. Pemilihan sistem operasi yang digunakan, penginstalan aplikasi sendiri dapat digunakan untuk beberapa web hosting sekaligus.

#5 Dedicated Hosting
Dedicated Hosting  merupakan sebuah layanan web hosting yang memungkinkan pelanggan untuk dapat menyewa server kepada perusahaan penyedia layanan. Kelebihan dari layan ini adalah pelanggan dapat menggunakan sever dan sumber daya yang ada sesuai dengan kemauan sendiri seakan-akan pelanggan tersebut memiliki server tersebut.
Biasanya penyedia layanan akan menyediakan server kepada para pelanggan sehingga pelanggan dapat menggunakan server tersebut sesuai dengan kebutukan mereka.

#6 Colocation Hosting
Colocation Hosting merupakan layanan web hosting yang paling mahal. Karena disini perusahaan penyedia layana n hanya menyediakan tempat dan sarana pendukung saja. Sedangkan pelanggan akan menyediakan server mereka sendiri untuk bisa beroperasi.

Layanan web hosting jenis ini sangat cocok untuk perusahaan yang besar yang mempunyai trafik yang sangat tinggi.