Ini Dia Manfaat Asam Jawa Untuk Haid

Ini Dia Manfaat Asam Jawa Untuk Haid

Ini Dia Manfaat Asam Jawa Untuk Haid – Halo semuanya, bagaimana kabarnya nih? Semoga baik-baik saja ya. Oke pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang salah satu makanan yang mungkin khas dari daerah Jawa, hehe. Nama makanan tersebut adalah bernama Asam Jawa.

Nah, artikel ini mungkin sangat cocok untuk Kamu para wanita yang sedang mengalami masa haid atau masa datang bulan. atau masa menstruasi. Nah apabila masa-masa menstruasi yang Kamu alami ini tidak teratur atau tidak lancar, maka mungkin Kamu bisa mengkonsumsi makanan yang bernama Asam Jawa yang satu ini.

Oke yuk langsung saja kita bahas, ini dia manfaat asam jawa untuk haid.

1. Dapat Melancarkan Datang Bulan

Manfaat asam jawa yang pertama adalah dapat melancarkan datang bulan. Manfaat asam jawa yang pertama adalah dapat melancarkan datang bulan. Yah, memang sih makanan yang bernama asam jawa ini merupakan salah satu bumbu yang dapat memberikan rasa asam, tapi ternyata asam jawa ini tak hanya digunakan untuk itu saja, namun juga dapat memberi manfaat yang bagus untuk tubuh kita. Nah, bagi Kamu seorang wanita yang datang bulannya tidak lancar, Kamu bisa mengkonsumsi makanan yang bernama Asam Jawa yang satu ini. Cara mengkonsumsi asam jawa ini untuk dapat melancarkan datang bulan adalah dengan cara dijadikan sebagai bahan utama air asam yang dapat kita minum.

2. Dapat Mengatasi Rasa Nyeri Saat Mensutruasi

Manfaat selanjutnya yang bisa kita dapatkan dari asam jawa ini adalah dapat mengatasi rasa nyeri saat Kamu sedang mengalami menstruasi. Sebagai pengetahuan, bahwa rasa nyeri yang dialami oleh wanita ketika sedang datang bulan di dikarenakan adanya kontraksi halus yang terdapat atau yang terjadi di otot dinding rahim yang pada umumnya sih memang tidak terasa pada hari saat tidak datang bulan, namun pada datang bulan sudah tiba, kontraksi ini akan terjadi lebih kuat dari yang biasanya, karena pada bagian dinding rahim ini mengalami peluruhan, sehingga pembuluh darah yang terdapat pada sekitar rahim pun secara otomatis tertekan oleh si kontraksi tersebut.

Maka dari itu Kamu mungkin memerlukan asam jawa sebagai obatnya, bagaimana sih caranya? Oke berikut ini adalah cara mengkonsumsi asam jawa untuk mengatasi rasa nyeri saat menstruasi.

Cara yang Pertama: Silahkan Kamu siapkan asam jawa setengah jari bersama dengan gula aren seperlunya saja, dan juga temulawak 10 iris. Kemudian rebuslah semua bahan tersebut dengan satu air gelas saja, nah rebus sampai airnya itu tersisa setengah gelas. Yang selanjutnya, saring air rebusan tadi dan silahkan Kamu minum. Bila perlu konsumsi secara rutin selama satu minggu ya.

Cara yang Kedua: Cara yang kedua adalah dengan menggunakan daun asam Jawa yang bisa Kamu ambil, ambil lah segenggam saja ya. Dan satu lagi, pilihlah daun yang sekiranya masih terlihat muda. Dan juga kunyit 2 jari rimpang, dan juga kedua bahan yang sudah Kamu kumpulkan tadi ditumbuk sampai halus. Lalu silahkan tuang satu gelas air matang ke tumbukan kunyit tersebut dan juga daun asam jawa, saring dan silahkan minum air tersebut.

Bagaimana? Terbilang mudah bukan? Namun tentu sebelum melakukan ini, sebaiknya konsultasi ke dokter agar nanti kedepannya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Oke terima kasih.