Macam Macam Sistem Operasi Pada Komputer

Macam Macam Sistem Operasi Pada Komputer - Sudah banyak orang yang mengulas artikel ini, namun saya akan menshare kembali yaitu macam - macam sistem operasi komputer. Sistem Operasi merupakan salah satu pondasi komputer yang dimana fungsinya sebagai jalan suatu program mesin. Di Indonesia sendiri telah ada Sistem Operasi yang banyak digunakan yaitu Android dan Windows. Langsung saja.

Macam Macam Sistem Operasi Pada Komputer

Baca Juga : Sejarah Perkembangan Komputer Lengkap Dari Generasi Satu Sampai Lima

Macam - macam sistem operasi

1. Sistem Operasi Windows

OS satu ini adalah sebuah sistem yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation yang dimana cara penggunaannya berbasis GUI (Graphical User Interface) atau tampilan antarmuka bergrafis. Salah satu OS ini telah banyak sekali digunakan dibelahan dunia sejak lama. Windows sendiri pertama kali ada masih dalam jenis Ms Dos (Microsoft Disk Operating System) yang dimana sebuah sistem yang berbasiskan text dan command-line interpreter. Dan windows versi 1.0 pun Berkembang hingga yang terbaru saat ini seperti sekarang, yaitu Windwos 10 yang baru - baru ini windows baru saja mengeluarkan versi tersebut.

2. Sistem Operasi Linux

Nah jika operasi sistem ini yaitu kloningan dari MINIX salah satu varian Unix. Dan juga sistem operasi ini juga terkenal dan banyak orang yang menggunakannya. Linux disusun berdasarkan sistem Operasi POSIX yang dturunkan dari Unix sendiri. Ada berbagai macam  Distro Linux: yaitu Lycoris, Debian, Lindows, Linare, Linux-Mandrake dan lain masih banyak

Baca Juga : Apa itu Linux-Sistem Operasi Linux

3. Sistem Operasi Macintosh

Sistem Operasi ini adalah sistem operasi yang dibuat oleh apple computer khusus untuk komputernya yaitu Macintosh dan tidak kompatibe dengan komputer basis IBM. Namun Mac OS sendiri merupakan sistem pertama yang menggakan antarmuka pengguna grafis (Graphical User Interface atau GUI) Sistem Operasi ini cukup bagus dalam hal keamanannya yang dimana cocok untuk user yang usagenya desain grafis atau user yang mementingkan eye-candy

4. Sistem Operasi Symbian

Salah satu OS ini yaitu tidak bebas yang dikembangkannya. Karena dirancang untuk digunakan pada peralatan bergerak atau ponsel. Jenis OS in imudah kita temui diponsel dengan produk nokia dan beberapa dari Sony. Akan tetapi sekarang Pamor dari OS ini sedikit kalah dengan beberapa OS terbaru yaitu Android

5. Sistem Operasi Android

Sistem OPerasi satu ini adalah yang paling muncul dan baru di Dunia dalam dunia ponsel mengalahkan Operasi Sistem Symbian. pada dasarnya Android adalah Os Linux yang dikembangkan dan dibuat untuk aplikasi mobile atau ponsel. Android sendiri telah menyediakan platform terbuka bagi para pengembang yang ingin menciptkan aplikasi mereka sendiri dengan berbagai macam peranti Android bergerak. Android sudah banyak sekali perubahan, mulai dari versi hingga tampilan grafis yang flat UI.

6. Sistem Operasi Palm

OS ini merupakan khusus untuk mobile yang dimana telah dikembangkan oleh Palm, Inc. Yaitu sebuah perusahaan yang berada di California, Amerika Serikat. Sepertu contoh dari sistem operasi palm yaitu Palm Treo 680 yang dimana menggunakan smartphone berOS Palm, yaitu versi 5.4.9 dengan processor intel PXA270, 312Mhz. Beberapa fitur yang ditawarkan adalah Pocket Express, Microsot Media, dan masih banyak fitur yang ditawarkannya.

7. System Windows Mobile 

Yaitu Sistem Operasi yang dibuat oleh Microsoft dengan peralatan yang bergerak di bidang ponsel atau mobile. Yang pertama kali mucul sebagai OS Mobile, sebagian besar perangkat ini memiliki stylus pen yang digunakan sebagai alat untuk memberi perintah dengan menyentuhkannya pada layar.

8. Sistem Operasi Blackberry

Blackberry OS yaitu sebuah sistme mobile yang dikemabgnkan oleh Research In Motion bagi perusahaan blackberry pada garis smartphone untuk handphone atau perangkat genggam. Sistem operasi ini telah menyediakan beberapa multitasking dan pendukung perangkat lain khususnya tackwheel, trackba;; dan yang paling baru adalah trackpad dan touchscreen. Dan juga blackberry telah mengembangkan paltformnya sehingga para pengembang bisa mengkreasikan aplikasi mereka di perangkat Blackberry yang kompatibel.