4 Penyebab Dan Cara Mengatasi Komputer Lemot

Informasi Internet - Perangkat komputer merupakan salah satu perangkat yang sangat mudah terserang virus dan berbagai permasalahan yang lain. Biasanya terdapat banyak sekali permasalahan yang membuat perangkat komputer anda menjadi lemot. Komputer yang lemot tentunya memiliki sebab-sebab tertentu dan membutuhkan penanganan khusus agar komputer bisa digunakan dengan cepat seperti sedia kala. Lalu apa saja penyebab lemotnya sebuah perangkat komputer dan bagaimana Cara mengatasi komputer lemot tersebut? Berikut ulasannya.

4 Penyebab Dan Cara Mengatasi Komputer Lemot

Bersihkan Aplikasi Yang Tidak Terpakai
Penyebab utama lemotnya sebuah komputer biasanya yaitu karena kurangnya kapasitas RAM pada komputer anda. Ukuran RAM yang terlalu kecil biasanya memang menjadi penyebab komputer anda menjadi lemot. Oleh karena itu, langkah mengatasi komputer lemot karena RAM yang terlalu kecil ini yaitu dengan menambahkan kapasitas RAMnya. Namun jika RAM dirasa cukup namun komputer anda masih lemot maka mungkin saja banyak aplikasi atau Windows yang terbuka atau berjalan sehingga memakan banyak RAM. Oleh karena itu jika RAM anda terlalu mepet maka jangan jalankan beberapa aplikasi secara bersamaan.

Baca Juga : 5 Cara Merawat Komputer Agar Tetap Dalam Kondisi Baik

Jalankan Program Disk Celan Up
Selain karena penyebab diatas, komputer anda juga bisa saja lemot karena terlalu banyak file-file sementara atau Temporary File yang sudah membengkak pada komputer anda. Untuk mengecek file-file Temporary ini anda bisa buka pada lokasi C:\Documents and Settings\\Local Settings\\Temp atau bagi anda yang menggunakan Windows 7 bisa buka di C:\Users\\AppData\\Local\\Temp. Jika sudah menemukannya maka Cara mengatasi komputer lemot yaitu dengan menjalankan program Disk Clean Up. Caranya yaitu dengan masuk ke Start-Run, ketikkan “cleanmgr” lalu klik drive yang akan anda bersihkan.

Gunakan AntiVirus Secukupnya Saja
Virus komputer memang sangat berbahaya oleh karena itu biasanya kita selalu memasang anti virus pada komputer kita. Security program semacam itu memang sangat diperlukan namun usahakan jangan terlalu berlebihan. Sebaiknya cukup pakai 1 antivirus saja. Karena jika anda memasang 2 atau bahkan 3 antivirus maka akibatnya adalah security program tersebut akan membebani komputer anda sehingga komputer anda akan berjalan dengan lemot. Dalam hal ini Cara mengatasi komputer lola yaitu dengan menghapus salah satu antivirus yang tidak terlalu penting.

Bersihkan Komputer Dengann Rutin
Perangkat Komputer juga seringkali menjadi lemot karena kurangnya perawatan pada komputer. Bisa saja karena bagian dalam komputer terlalu kotor sehingga sirkulasi udara di dalam mesin tidak terkendali atau terlalu panas sehingga menyebabkan overheat. Jika ini terjadi pada komputer anda maka Cara mengatasi komputer lemot adalah dengan membersihkan seluruh bagian-bagian dalam komputer terutama pada fan atau kipas angin. Dengan begitu komputer akan berjalan seperti sedia kala dan tidak akan lola atau lemot lagi.

Baca Juga : Motherboard Komponen dan Fungsinya